Pelatihan : Rahasia Lulur Badan Puteri dan Permaisuri Nusantara

 

Pelatihan : Rahasia Lulur Badan Puteri dan Permaisuri Nusantara

 

Penggunaan lulur badan untuk merawat kecantikan, kebersihan dan kehalusan para puteri kerajaan dan keraton sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga dilakukan oleh para puteri berbagai kerajaan di dunia. Pada dasarnya lulur digunakan sebagai pembersih tubuh dan resep kecantikan para putri-putri raja. Proses luluran diyakini sebagai metode terbaik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Secara rutin, putri raja melakukan perawatan lulur 2 kali seminggu. Dan sebelum pernikahan, putri keraton Jawa melakukan ritual luluran setiap hari selama 40 hari berturut-turut untuk mendapatkan kulit putih dan lembut. Hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan tempat mandi para anggota kerajaan yang dibangun khusus. Di Yogyakarta, dikenal dengan situs Istana Air Taman Sari. Di mana dalam situs itu terdapat beberapa kolam mandi para putri dan permasuri raja yang dibangun pada tahun 1758. Di Bali pun, dapat ditemui situs pemandian Tirta Gangga.

 

Kebiasaan baik dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit, saat ini bisa dilakukan semua orang dengan perawatan lulur yang sesuai. Pada dasarnya, lulur merupakan campuran rempah, tumbuhan atau buah-buahan yang dibalurkan ke seluruh tubuh, lalu dibiarkan setengah mengering dan digosokkan agar kulit mati terangkat. Tak berbeda jauh dari sekarang, lulur tradisional jaman dahulu juga menggunakan rempah-rempah untuk mandi lulur seperti tepung beras, daun pandan, melati, mawar, minyak kelapa, bengkoang dan lain sebagainya. Untuk itulah pelatihan ini diberikan bagi seluruh wanita Indonesia agar mengetahui dan menguak rahasia kecantikan dan kehalusan kulit para puteri dan permasuri.

 

” Terkait dengan hal tersebut dan merujuk pada berbagai literatur kuno pada kerajaan – kerajaan zaman dahulu, maka Pusdiklat PRAWITA GENPPARI akan berbagi rahasia melalui pelatihan Lulur Badan para Puteri dan Permaisuri “, ungkap Dede Farhan Aulawi selaku pimpinan Pusdiklat di Bandung, Rabu (14/4).

 

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali para wanita Indonesia agar bisa melakukan lulur badan dengan benar sehingga bisa mendapatkan hasil kulit yang bersih dan halus secara maksimal. Dengan demikian pelatihan ini akan bermanfaat dalam rangka membekali wanita Indonesia menjadi wanita cantik alami seperti para puteri dan permaisuri zaman kerajaan.

 

Adapun materi – materi yang akan dibahas dalam pelatihan tersebut, adalah :

 

– Pengertian dan ruang lingkup lulur badan

– Manfaat perawatan lulur

– Cara menggunakan lulur badan

(Prepare, Apply, Scrub, Rinse)

– Teknik mengangkat sel kulit mati

– Teknik meregenarasi kulit

– Cara membuat kulit menjadi lebih cerah dan tidak kusam

– Cara mengencangkan kulit tubuh

– Cara membuat kulit menjadi halus

– Cara memberi nutrisi dan kelembaban pada kulit tubuh

– Mengenal bahan luluran

(Softening, Exfoliating, Revitalising, Soothing)

 

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan ini, dapat menghubungi :

Ibu Nuni : 0813-8330-7997

Ibu Lilis : 0813-1253-5153

Ibu Nia : 0882-1864-5975

Ibu Ines : 0813-2498-5928

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *