Dukung Hadirnya Mio Indonesia, Tokoh Politik NTB Berharap Media Junjung Tinggi Independensi Sesuai Amanat Undang-Undang

Sumbawa Barat Jurnalexpress.com Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sumbawa Barat, Mustakim Patawari LM, menyambut baik hadirnya Media Independen Online (MIO) Indonesia Provinsi NTB sebagi salah satu pilar demokrasi yang kokoh dan profesional.

Ia mengapresiasi keberadaan MIO Indonesia sebagai keberanian dan ekspresi serta kebebasan dalam menyuarakan kebaikan dan fakta-fakta yang terjadi di masyarakat.

“Saya menyambut baik hadirnya MIO Indonesia, ini harus kita syukuri sebagai salah satu buah manis dari reformasi,” ujar Mustakim Patawari yang akrab disapa Bang MP saat diwawancarai di kediamannya beberapa waktu lalu.

Tokoh politik Nusa Tenggara Barat tersebut meminta MIO Indonesia hadir dengan Independensi dan profesionalisme, sehingga tidak gampang terombang ambing oleh polarisasi kekuasaan atau di luar kekuasaan.

“Jadi media ini benar-benar menempatkan posisinya seperti yang diamanatkan oleh undang-undang dan menjunjung independensi,” katanya.

Karena, menurut dia, dengan menjunjung tinggi kode etik dan Independensi maka media tidak dianggap humas pemerintah yang terus menerus menampilkan kebaikan dan keberhasilan pemerintah.

Sementara masih banyak sudut-sudut kelam yang terjadi di masyarakat yang belum terekspose bahkan takut diangkat ke permukaan.

“Media hadir untuk memberikan informasi yang aktual, tajam dan sesuai fakta di lapangan, namun harus tetap berimbang, banyak problem di masyarakat yang perlu diangkat secara mendalam,” tuturnya.

Ia menambahkan, media ini harus berdiri di tengah-tengah menyuarakan kebaikan yang dilakukan pemerintah, namun di samping itu juga memberitakan secara jelas sesuai fakta problem-problem yang terjadi di masyarakat.

“Saya secara pribadi menyambut baik kehadiran dan pergerakan MIO Indonesia, apa yang bisa dilakukan bersama mari kita lakukan, kita jalin kerjasama baik sehingga gagasan-gagasan kami di Parpol juga diketahui oleh masyarakat,” kata bang MP yang mengaku mengenal baik dengan Ketua MIO Indonesia Provinsi NTB ini.

Menurutnya, semakin banyak mitra kerjasama, khususnya dengan organisasi yang menanungi para owner dan wartawan maka semakin baik.

Karena semakin banyak pihak yang menyuarakan kebenaran dan kebaikan dalam perspektif fungsi dan peran kita masing-masing maka tujuan akhir yang ingin dicapai untuk masyarakat, daerah dan bangsa ini akan tercapai.

Ia juga berharap, untuk menyamakan kriteria dan kapasitas wartawan maka perlu dilakukan uji kompetensi wartawan cukup menarik, sehingga marwah dan martabat profesi wartawan seperti profesi-profesi lainnya yang semakin menuntut kompetensi yang baik.

“Saya mengucapkan selamat atas terbentuknya MIO Indonesia Provinsi NTB semoga ke depan tetap jaya dan sukses,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *