Subang Menyapa Dunia, Potensi Usaha Minyak Atsiri akan berkembang

Subang Menyapa Dunia, Potensi Usaha Minyak Atsiri akan berkembang

 

Subang | Jurnalexpress.com,- Setelah menpersiapkan konsep sinergi Salatiga Menyapa Dunia dengan program Salatiga sebagai Kita Empat Pilar dan Kota Vanili Nusantara bersama Ketua MPR RI dan Kementerian Pertanian yang di gagas beesama antara Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat ( PERBUMMA ) Adat Nusantara dan Komunitas Usaha Peetanian ( KUP ) Sentra Usaha Tani dan Agribisnis ( SUTA) Nusantara, kini tengah mempersiapkan konsep program di kabupaten subang jawa barat, yakni Subang Menyapa Dunia, Mengembalikan Kejayaan Minyak Atsiri Nusantara ujar Ketua Umum PERBUMMA Adat Nusantara dan KUP SUTA Nusantara Dadung Hari Setyo yg biasa disapa Masda.

 

Lebih lanjut Dadung Hari Setyo menegaskan, program tersebut sebenar sudah lbh dari 3 tahun kami bahas bersama sama teman, dan rencana kita canangkan tahun 2020, tapi karena pademi covid 19 kita undur menunggu situasi kondusif, Alhamdulillah saat ini sudah kondusif dengan ditetapkan pola prosedur kesehatan pencegahan covid 19 oleh pemerintah untuk beraktifitas dan berkegiatan di masyarakat. Potensi kebun serai wangi di kabupaten subang sekitar 4000 hektar yang sudah tertanam 1000 hektar dan yang sudah produktif 650 hektar serta industri penyulingan akan di bangun sekitar 25 industri dan yang sudah produksi 5 industri, saat produksi minyak atsiri sudah mencapai 2.5 ton perbulan, dan Insya Alah kapasitas produksi akan ditingkatkan. Kami sangat bangga dengan semangat kerja para sahabat di kabupaten subang kgususnya yang di desa cipancar yang di motori oleh Pak Asep Kurnia Mochtar yang berhasil menjadi pelaku usaha minyak atsiri dari tanaman serai wangi. Kami sudah lakukan uji laboraturium dan hasil sangat mengejutkan produk minyak atsiri sangat berkuakitas, Alhamdulillah, Insya Allah kita sudah mendapatkan market untuk ekspor, 2 ton perbulan, kini kami sedang menyelesaukan beberapa hal terkait admitrasi bisnisnya. Smg bulan april 2021 sudah dapat direakisasikan.

 

Penjelasan lain Oddy Yalanugraha sebagai Satua Kerja Minyak Atsiri menyampaikan bahwa, produk minyak atsiri dari subang sudah kami uji laboraturiumkan di benerapa tempat dan hasil sangat berkualitas dan banyak pembeli yang berminat baik dalam negeri maupun dari luar negeri, kami sedang menata admitrasi dan manajemennya agar usaha ini dapat berkembang mengingat jaringan usaha ini sudah berkembang tidak hanya di jawa barat tapi di seluruh jawa, sumatra, sulawesi dan akan kita kembangkan di nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur. Sebenar usaha ini kita program di tahun 2020, karena pademi covid 19 jadi mundur satu tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *