Program Sertifikat Masal Masyarakat Lawanganagung Sugio Sambut Dengan Suka Cita.

Lamongan,Jurnalexpress.com/Selama ini banyak keluhan dari masyarakat akan biaya kepengurusan sertifikat tanah yang tinggi dan waktu yang lama mengakibatkan keengganan masyarakat itu sendiri untuk malas memiliki sertifikat.Padahal sertifikat tanah sangatlah penting guna terpenuhinya hak hukum atas tanah yang di miliki.

Pemerintah Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( Ptsl ) mendorong dan memberikan program ini untuk seluruh desa dan wilayah di Indonesia,untuk mengajukan sertifikat massal,dengan biaya murah dan waktu yang cepat.

Dan di tahun 2021 ini giliran kecamatan Sugio mendapatkan program PTSL tersebut. Yang menyebar di 7 desa,
salah satunya adalah desa Lawanganagung. Menurut kepala desa ( kades ) Lawanganagung H.Suisno dirinya sangat bersyukur di periode tahun yang dia pimpin bisa mendapatkan program sertifikat ini. Salah satu keinginan dari kades Lawanganagung H.Suisno adalah, masyarakatnya dapat mempunyai sertifikat hak milik atas tanah yang di tempati dengan dasar hukum yang kuat, di tambah program ini biayanya sangat murah dan dapat di jangkau masyarakat desa Lawanganagung yang 50% adalah petani,dari pada mengurus sendiri secara mandiri yang biayanya jauh lebih mahal dan memakan waktu bertahun tahun.

” Saya pribadi mendukung program PTSL dari pemerintah ini,karena masyarakat bisa punya sertifikat sendiri yang sah secara resmi dan berbadan hukum jelas, cepat juga dengan biaya sangat murah dan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat saya yang belum tersentuh program ini,” ujar kades Lawanganagung yang notabene adalah pengusaha plafon sejak sebelum menjadi kades ini.

Sejak di sebarnya informasi ini lewat undangan kepada masyarakat, antusias me masyarakat desa Lawanganagung terus berbondong bondong mendatangi pokmas yang di tunjuk,guna ikut mendaftarkan batas tanah mereka agar segera memiliki badan hukum yang berupa sertifikat.
Desa Lawanganagung pada tahun 2021 mendapatkan kuota 3000 bidang,dan harapan dari kades Lawanganagung ini agar seluruh masyarakatnya bisa mempunyai sertifikat yang resmi. Walaupun untuk itu semua perangkat dan pokmas program PTSL ini harus extra bekerja keras,saling membantu apa yang perlu guna kesejahteraan masyarakat desa Lawanganagung.
( Pri/Er )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *