Prawita GENPPARI, Gelar Pelatihan Kesiapan Menghadapi Tes Psikologi (Psychotest)

Bandung | Jurnalexpress.com,- “ Istilah Tes psikologi atau psikotes mungkin sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat, karena tes ini sering digunakan saat merekrut karyawan/ pegawai, seleksi masuk kampus tertentu, ataupun assesment karena mau naik jabatan atau pindah bagian. Namun pada umumnya banyak orang yang belum memahami tentang psikotest sebagai alat evaluasi baik melalui tes tertulis, visual atau verbal untuk menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang. Psikotes digunakan untuk menilai berbagai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa. Psikotes dapat mengobservasi tingkah laku individu dan menggambarkannya melalui skala angka atau sistem kategori “, ujar Ketua Umum Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Bandung, Kamis (5/11).

 

Fungsi psikotes pada dasarnya untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter sehingga bisa membantu memetakan potensi dan kemampuan seseorang agar dapat mengisi posisi yang tepat dalam sebuah perusahaan/ instansi, atau mengukur kesesuaian siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sifat psikotest ini tentu berbeda dengan tes akademis, karena psikotes dapat memberikan informasi bukan hanya tentang kemampuan seseorang, tetapi juga potensi dari orang tersebut, dan memberikan gambaran bagaimana seseorang dapat berkembang kemudian harinya. Karena itu, pelatihan ini tentu sangat penting bagi setiap orang ingin mengetahui seluk beluk psikotest dan cara-cara menjalani psikotes dengan baik.

 

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta pelatihan terkait dengan pengertian dan ruang lingkup psikotest, dan akan memberikan manfaat untuk memberikan gambaran dan kita – kiat sukses dalam mengikuti psikotest tersebut. Adapun materi yang dibahasnya adalah :

– Pengertian Psikotest

– Tips Mengikuti Psikotest

– Tes Logika Aritmetika

– Tes Analog Verbal : Sinonim (Persamaan Kata)

– Tes Antonim (Lawan Kata)

– Tes Padanan Kata

– Tes Pasangan Gambar

– Tes Matematika Dasar (Soal Cerita)

– Tes Pencerminan Gambar

– Tes Derat Gambar

– Tes Spasial

– Tes Baum (Tree Test)

– HTP (House Tree Person) Test

– Tes Draw A Person

– Tes Wartegg

– Tes Kraepelin (Tes Koran)

 

Sasaran pelatihan ini adalah siswa SMU/SMK kelas 3 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mahasiswa tingkat akhir/ sarjana yang sedang melamar pekerjaan, dan juga karyawan/ pegawai yang akan mengikuti assesment untuk promosi jabatan. Bagi merekan yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelatihan ini bisa menghubungi Ibu Lilis di no wa 0813-1253-5153.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *