Perlunya Terobosan Kreatif Atasi Masalah Ketahanan Pangan Nasional

 

 

Bandung | Jurnalexpress.com,– ” Masalah ketahanan pangan saat ini tidak sekedar menjadi isu menarik untuk dibahas di tingkat nasional saja, di melainkan juga sudah menjadi isu strategis global “, ujar Dewan Pakar ICMI Jabar Dede Farhan Aulawi yang disampaikan saat menghadiri Silakda ICMI Orda kabupaten Sumedang di Sumedang, Selasa (3/11).

Selanjutnya Dede juga menyampaikan 3 masalah penting ketahanan pangan, yaitu (1) pengurangan luas area daratan akibat abrasi laut dan peningkatan volume air laut karena pemanasan global, (2) alih fungsi lahan pertanian produktif, dan (3) minimnya kesejahteraan profesi tani. Tiga permasalahan strategis tersebut, secara kumulatif menjadi persoalan fundamental yang harus diselesaikan oleh lintas fungsi dan multi kepakaran. Ujarnya.

 

” Dalam konteks ini, maka perlu upaya- upaya kebersamaan. Baik dalam membangun kesadaran kolektif dalam menjaga kelestarian alam, penegakan aturan tata ruang, dan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Oleh karenanya, ICMI harus tampil memberikan sumbangsih pemikiran kreatif dan inovatif dalam memberikan jalan keluar agar ketahanan pangan nasional bisa meningkat “, pungkas Dede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *