Mahasiswa KKN Umsida Dampingi Pembelajaran Online

Pasuruan – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan pendampingan kepada guru, siswa dan wali murid dalam proses pembelajaran online atau dalam jaringan (Daring).

Pendampingan yang dilakukan oleh kelompok 10 itu meliputi satu Desa di Kabupaten Pasuruan dan tiga di Kabupaten Sidoarjo. Yakni, Dusun Talun Desa Gununggangsir, Desa Sidorejo Krian, Desa Kebonsari Candi, dan Desa Rangkah Kidul Sidoarjo.

Lia Rachmahnia salah satu mahasiswa kelompok 10 KKN Umsida mengatakan pendampingan tersebut merupakan bentuk konstribusi mahasiswa kepada masyarakat di era pandemi ini. Pihaknya memberikan pelatihan kepada guru dan siswa dengan kegiatan belajar yang lebih variatif dan menyenangkan.

“Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet dan Form, serta membuat sebuah video ataupun materi pembelajaran yang kreatif dan tidak membosankan melalui kanal Youtube,” terangnya, Kamis (24/9/2020).

Sesuai dengan arahan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ade Eviyanti, lanjut Lia, pelatihan pembelajaran berbasis teknologi ini dibuat dengan kreatif dan menarik bagi guru maupun siswa. “Tujuannya untuk lebih mempermudah dan belajar online semakin menarik,” tambahnya.

Ayu, salah satu guru TK Hasan Munadi Desa Gununggangsir, Kabupaten Pasuruan mengapresiasi pendampingan dan pelatihan yang dilakukan Mahasiswa KKN Umsida Kelompok 10 tersebut. “Tentunya banyak manfaatnya yang bisa diambil dan diaplikasikan dalam proses pembelajaran”, ujarnya.

Senada dengan Ayu, Sari yang merupakan guru SD Permata Sunnah, Sidoarjo merasa terbantu dengan adanya pendampingan dan pelatihan dari mahasiswa KKN Umsida Kelompok 10 itu. “Sangat menarik dan semoga bermanfaat bagi kami,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *