Ada Apa, Wabub Tuban Pantau Langsung Penyaluran BST Tahap 6

TUBAN|jurnalexpress.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., kembali memantau langsung proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST). Kali ini Wabup Tuban didampingi Plt. Kepala Dinsos P3A Tuban, Joko Sarwono, meninjau penyaluran BST tahap 6 di Desa Magersari dan Plumpang, Kecamatan Plumpang, Sabtu (19/09).

Hadir pula pada peninjuauan ini Kabag Umum, Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tuban, Suwito, Camat Plumpang, Saefiyudin serta Forkopimka Plumpang.

Wabup mengungkapkan proses penyaluran BST tahap 6 berjalan dengan lancar dan telah mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya wajib menggunakan masker, menjaga jarak antarKPM (Keluarga Penerima Manfaat) selama menunggu antrean.

“Hari ini, sebanyak 2.447 KPM di Kecamatan Plumpang menerima BST masing-masing Rp. 300 ribu,” kata Wabup.

Lebih lanjut, pandemi Covid-19 yang telah berjalan kurang lebih 7 bulan menjadikan pertumbuhan ekonomi masyarakat melambat. Salah satu dampaknya, yaitu banyak masyarakat yang penghasilannya menurun bahkan kehilangan mata pencaharian. Bantuan sosial yang disalurkan sejak April ini diharapkan bisa memperkuat ekonomi keluarga di tengah masa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Wabup juga berpesan agar KPM memanfaatkan bantuan yang diterima untuk kebutuhan pokok, seperti pangan dan peningkatan imunitas tubuh. Kondisi tubuh yang sehat dan prima sangat penting untuk mencegah paparan virus Corona.

“Jangan sampai saat kondisi ekonomi melemah, kondisi tubuh ikut melemah,” terangnya.

Wabup kelahiran Rengel ini tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban. Masyarakat dapat ikut terlibat mencegah penyebaran Covid-19 dengan mematuhi imbauan pemerintah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Tuban, Edhi Mulyo Utomo menjelaskan Kantor Pos Tuban dipercaya pemerintah untuk menyalurkan BST kepada KPM. Menjawab kepercayaan tersebut, pihaknya berkomitmen menyalurkan BST sesuai dengan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Seluruh penerima BST sudah diverifikasi sehingga dapat disalurkan sesuai data,” jelasnya.

Edhi Mulyono menambahkan total penerima BST tahap 6 di Kabupaten Tuban mencapai 30.820 KPM. Proses penyaluran dilakukan sampai 23 September 2020. Warga yang akan mengambil BST diharapkan mematuhi protokol kesehatan dan kelengkapan administrasi.

Reporter:(m.supriyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *