Reaktif Belum Tentu Positif Covid-19, Camat Pulau Pulau Batu Ajak Warga Tetap Tenang Dan Ikuti Protokol Kesehatan

Pulau Tello, Senin (31/8/2020) jurnalexpress.com – Tersebar informasi bahwa salah seorang masyarakat Kecamatan Pulau Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan reaktif usai di Rapid Test oleh Puskesmas Pulau Tello guna persyaratan dokumen perjalanan.

Hal tersebut membuat masyarakat Pulau Tello merasa cemas dan khuatir.

Menanggapi keresahan warganya tersebut Camat Pulau Pulau Batu, Kornelius Wau mengajak masyarakat tetap waspada dan ikuti protokol kesehatan.

“Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pulau-Pulau Batu jangan pernah terpancing dengan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh yang membuat ciutan di medsos. Untuk itu Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap patuhi protokoler kesehatan dan konsumsi air hangat kuatkan imun tubuh,” tulis Camat tersebut di akun Facebook miliknya.

Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat pulau – pulau batu agar tetap mematuhi protokoler kesehatan (tetap pakai masker, jauhi atau jaga jarak pada keramaian, dan rajin cuci tangan), dan kami juga mengharapkan kerjasama seluruh masyarakat agar jujur tentang riwayat perjalanan ketika ditanya oleh petugas kesehatan.

Lebih lanjut Camat menegaskan jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa agar yang bersangkutan tidak keluyuran di luar rumah.

“Kita dari pihak Kecamatan sudah sampaikan kepada Kepala Desa yang bersangkutan agar tetap mengawasi pasien tersebut untuk sementara tidak boleh berpergian atau keluar rumah atau ke tempat tempat keramaian atau di tempat umum,” tegas Kornelius.

Berikut klarifikasi atau penjelasan pihak PKM Pulau Tello yang di share Camat Pulau Pulau Batu di akun Facebooknya :

Mengenai informasi pada hari ini di wilayah PKM Pulau Tello maka kami sampaikan bahwa :

1. Sdri YSS rencana berangkat ke medan dan datang ke puskesmas untuk dirapid dan mengurus surat sehat, dan hasil rapidnya benar adalah REAKTIF.

2. Petugas kesehatan sudah turun ke rumah ybs dan seluruh anggota keluarganya sudah di rapid dan hasilnya anggota keluarga lainnya non reaktif.

3. Rapid yang kita lakukan ini hanya pemeriksaan awal dan bukan penentuan positif ataupun negatif. Makanya kita sarankan kepada yang bersangkutan untuk isolasi mandiri 14 hari kedepan.

4. Informasi tambahan dari anamnesa tim kesehatan bahwa ybs baru berobat dari padang 4 bulan yang lalu dan disarankan oleh dokter untuk istirahat selama 6 bulan dgn diagnosa typus abdominalis.

5. Kami harapkan kepada seluruh masyarakat agar jangan panik dan tetap mengikuti protokoler kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh juga selalu kita doakan semoga pandemi ini akan selesai.

Kita percaya dan yakin Pulau – Pulau Batu bebas Covid-19, Salam Sehat.

Reporter : T2g

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *