26 Napi Lapas Tuban Ikuti Wisuda Santri

 

Tuban|Jurnalexpress.com Puluhan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Tuban, mengikuti wisuda santri. Dalam wisuda ini, para napi berpakaian ala santri, yakni berkopyah dan menggunakan sarung. Para napi ini, diwisuda santri, usai mengikuti pembinaan kerohanian selama 6 bulan.

Suasana berbeda terlihat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Tuban, Jumat pagi. Sebanyak 26 narapidana, berpakaian layaknya seorang santri pondok pesantren, berbaris rapi di lapangan utama lapas.

Puluhan narapidana ini, akan diwisuda santri oleh pihak lapas setempat, setelah mengikuti kegiatan pembinaan kerohanian selama enam bulan. Dalam pembinaan rohani tersebut, para narapidana mendapatkan berbagai gemblengan keagamaan sesuai tingkatan dan kemampuan mereka.

Selama kurun waktu tersebut, para napi mendapatkan pelajaran membaca iqro hingga Alquran serta wawasan tentang agama. Dalam wisuda santri ini, para napi satu persatu dipanggil ke depan, untuk menerima sertifikat, sebagai tanda kelulusan.

Menurut Wahyu, salah satu napi kasus penyalahgunaan narkoba, selama menjalani masa tahanan, ia memanfaatkan waktu untuk mengikuti belajar agama di dalam lapas. Ia mengikuti berbagai kegiatan pendalaman ilmu agama, seperti mengaji dan siraman rohani.

Sementara itu, menurut Kalapas Kelas IIB Tuban, Siswarno, program pondok pesantren yang bertempat di Masjid At-Taubah Lapas Kelas IIB Tuban ini, bertujuan untuk membantu para napi yang ingin belajar memperdalam ilmu agama.

“Wisuda kali ini adalah wisuda santri yang keenam kalinya, yang diikuti santri lulus fasholatan 13 orang, iqro sebanyak 8 orang dan khatam al-quran 5 orang napi,” kata Siswarno.

Diharapkan, kegiatan agama ini bisa menjadi bekal bagi para napi, untuk kembali ke tengah masyarakat serta tidak mengulangi tindakan kriminal yang dulu pernah mereka perbuat.

Jurnalis
M supriyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *