Tidak ada Papan Nama Proyek, Pekerjaan Paving Jl Mintaoro Banaran Di duga Proyek Siluman


LAMONGAN|jurnalexpress.com – Pelaksanaan suatu pekerjaan fisik atau proyek, yang bersumber dari APBN/APBD dalam melakukan kegiatan pekerjaan proyek, papan nama merupakan keharusan yang wajib di laksanan.

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan yang merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat serta memperoleh informasi publik berdasarkan asas keterbukaan.

Pemasangan papan nama proyek ini termasuk pekerjaan persiapan (Pre-Construction). Pekerjaan Persiapan (Pre-Construction) salah satunya adalah pemasangan papan nama proyek sebanyak yang diperlukan, minimal 2 (dua) buah, seperti yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan, antara lain :
1. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”)
2. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (“Permen PU 12/2014”).

Selain itu, Undang – Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik,

Namun lain halnya dengan pekerjaan paving jalan lingkungan, yang berlokasi di Jl Mintorogo Rt 02/03 dusun Karangrejo Kelurahan Banaran Kecamatan Babat Kabuoaten Lamongan Jawa – Timur.

Meskipun pekerjaan sudah sekitar 50% namun belum juga ada papan proyek, tidak adanya papan proyek dilokasi pekerjaan seperti yang tertuang dalam peraturan diatas, pekerjaan tersebut diduga proyek siluman.

Tidak adanya papan nama di lokasi pekerjaan, masyarakat tidak mengetahui besaran anggaran dan sumber anggaran.13/7/2020.

Informasi yang dihimpun jurnalexpress.com dilokasi pekerjaan yang tengah berlangsung, salah satu warga yang enggan namanya disebutkan mengatakan pihaknya tidak tahu soal besaran anggaran maupun sumber anggaran untuk paving jalan lingkungan tersebut.

Reporter:(m.supri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *