Serahkan BLT Kepada Warga Terdampak Covid-19, Wabup Nias : Terus Ikuti Protokol Kesehatan

Nias, Senin (01/06/2020) jurnalexpress.com – Dalam rangka meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak Covid-19. Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu serahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap I (pertama) tahun anggaran 2020 kepada warga Desa Maliwa’a, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias.

Kepala Desa Maliwa’a, Adilwan Gea dalam laporannya mengungkapkan jumlah penerima BLT di desanya.

“Pemerintah Desa Maliwa’a telah membentuk relawan Covid-19. Para relawan juga telah melakukan upaya pencegahan Covid-19 seperti penyemprotan disinfektan di rumah warga. Selain upaya pencegahan, tim relawan juga telah melakukan pendataan masyarakat kurang mampu dan setelah di verifikasi terdapat 220 kepala keluarga yang berhak menerima BLT Dana Desa,” lapor Kades, Senin (1/6).

Dikesempatan yang sama, Camat Idanogawo melaporkan jumlah desa di wilayah kerjanya yang sudah menyampaikan pengajuan BLT.

“28 Desa yang ada di Kecamatan Idanogawo telah menyampaikan pengajuan penerimaan BLT Dana Desa,” ungkap Camat.

Lebih lanjut, Camat meminta warga penerima BLT agar memanfaatkan uang bantuan pemerintah itu untuk kebutuhan keluarga.

Pada arahannya, Wakil Bupati Nias yang juga sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Nias minta masyarakat untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan.

“Kita patut bersyukur bahwa Pulau Nias hingga saat ini belum ada yang terkonfirmasi virus corona, namun kita wajib terus mengikuti protokol kesehatan yang disarankan pemerintah, seperti tetap menggunakan masker jika bepergian, sering cuci tangan serta menghindari keramaian,” himbauan Wabup.

Wabup juga menyampaikan jika mulai besok para PNS sudah mulai masuk kantor seperti biasa tentu dengan mengikuti protokol Kesehatan.

Orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Nias itu menjelaskan jenis bantuan dari Pemerintah.

“Selain BLT Dana Desa, Pemerintah juga telah menyalurkan bantuan lain seperti PKH, bantuan JPS dari Provinsi Sumatera Utara, bantuan dari APBD Kabupaten Nias, dan bantuan jenis lainnya” jelas Wabup.

Usai menyampaikan arahan, Wakil Bupati Nias menyerahkan secara simbolis BLT Dana Desa kepada masyarakat penerima.

Dari pantauan awak media ini, selain Wakil Bupati Nias, pada kegiatan yang berlangsung di Gedung Sanggar Seni Budaya Desa Maliwa’a tersebut, tampak dihadiri Kepala Dinas PMD, Asisten II, Inspektur Daerah, Camat Idanogawo, Kapolsek Idanogawo, mewakili Danramil Idanogawo, serta para undangan lainnya. (Albert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *