Galian C Perbatasan Lamongan -.Gresik Di Duga Tidak Punya Ijin Usaha Tambang.

Galian C Perbatasan Lamongan -.Gresik Di Duga Tidak Punya Ijin Usaha Tambang

 

Lamongan |  jurnalexpress.com
Ketika wartawan jurnalexpress mengunjungi galian C di daerah perbatasan antara kabupaten Lamongan – Gresik terlihat bahwa udara dari galian tersebut sangat mengganggu pemukiman penduduk yang hanya berjarak +- 1 km. Dari info masyarakat sekitar bahwa galian tersebut tidak pernah memberikan kontribusi kepada mereka. ” ya hanya diam dan gk mau tau gitu lo mas,”tutur salah satu masyarakat.

Rumitnya perijinan tambang galian C dari pemerintah kabupaten ke Provinsi membuat sebagian oknum pemilik galian tambang C enggan mengurus hanya instan saja yang penting sudah bayar keamanan. Berulang kali di keluhkan pada pemerintah daerah tidak ada tanggapan hingga berita ini di turunkan. Pejabat hanya melihat dan tutup mata saja. Tim media rekamjejak online saat ngopi di warung perbatasan wilayah Lamongan – Gresik.

Sedangkan para penambang galian dengan alat beratnya jenis bego masih beraktifitas di lokasi galian.
Galian C tanpa surat ijin telah melanggar terdapat ancaman pidana penjara bagi pelaku usaha pertambangan tanpa ijin,tidak terkecuali pertambangan rakyat,maupun pertambangan khusus seperti penampungan dan pengangkutan nya.

Undang undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara dalam pasal 158.
” Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP,IPR atau IUPK sebagaimana di maksud dalam pasal 37,pasal 40 ayat (3) pasal 48,pasal 67 ayat (1)pasal 74 ayat (1)atau ayat (5) di pidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 10 M.(pri /bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *