Napak tilas ke setinggil pak yes ingin seperti Patih gajah Mada untuk mewujudkan kejayaan lamongan

Napak tilas ke setinggil pak yes ingin seperti Patih gajah Mada untuk mewujudkan kejayaan lamongan

LAMONGAN,jurnalexpress.com – Yuhronur Efendi atau lebih dikenal saat ini dengan sebutan Pak YES berkunjung ke tempat masa kecil Sang Patih Gajah Mada yang berada di Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Senin sore (11/5).

Bersama dengan 8 orang relawan, Pak Yes mengabadikan moment bersama-sama di tempat sang Patih Gajah Mada menghabiskan masa mudanya. Gajah Mada adalah seorang Patih yang sangat berpengaruh pada zaman Majapahit. Beliau terkenal dengan sumpahnya yaitu Sumpah Palapa.

Sumpah Palapa adalah sumpah yang berisi bahwa ia (Gajah Mada) tidak akan menikmati palapa atau rempah-rempah (yang diartikan kenikmatan duniawi) sebelum berhasil menaklukkan Nusantara. Siapa sangka bahwa Pati tersebut berasal dari Modo Lamongan.

Adalah Setinggil, sebuah tumpukan batu yang lebih menyerupai punden berundak. nama Setinggil didasarkan pada dua suku kata Jawa, siti yang berarti tanah dan inggil atau tinggi. Berarti Setinggil dapat diartikan sebagai sebuah tanah yang tinggi.

Lokasi Setinggil berada di Dusun Bendo, Kecamatan Modo, Lamongan. Untuk menuju ke lokasi Pak YES menempuh dengan kendaraan roda empat. Namun jika kesana maka disarankan lebih mudah berkendara motor, mengingat jalan desa ke lokasi cukup ngepas jika dilewati mobil. Jarak dari jalan utama sekitar 200 meter.

Bangunan Setinggil ini lebih menyerupai punden berundak, berbentuk seperti penggabungan persegi panjang dan oval. Terdiri dari empat lapis dengan ukuran altar berbeda di setiap lapisnya. Lapisan dasar berdiameter sekitar 6 x 7 meter, terus mengerucut ke atas. Pinggiran bangunan ditopang oleh susunan batu-batu padas bercampur batu gunung.

Kedatangan Pak Yes kesana sebagai bentuk napak tilas mengingat kembali masa kejayaan Majapahit saat dipimpin oleh Patih Gajah Mada kala itu. Dan tak menutup kemungkinan juga bahwa Pak YES nanti akan bisa membawa Lamongan menuju kejayaan mengingat beliau adalah salah satu Bakal calon bupati Lamongan yang nanti berkontestasi pada Pilkada serentak 2020 dengan slogan menjaga kesinambungan menuju kejayaan.

Reporter:(m.supriyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *