Viralnya YES Mania dan Jari Hati Orang Lamongan

Viralnya YES Mania dan Jari Hati Orang Lamongan

LAMONGAN ,| jurnalexpress.com– Memasuki masa Pilkada Lamongan 2020 banyak bertebaran bakal calon Bupati dimana-mana. Sebut saja slogan YES yang fenomenal. Tak Cuma kaum Milenial bahkan emak-emak beramai-ramai memasang poto profil mereka dengan slogan YES dan dengan memberikan jari hatinya.

Seperti halnya slogan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang popular dengan sogan MAGA, “American First” dan “Make America Great Again”. MAGA memang sangat terkenal. Jika Anda cari di mesin pencari Google, ditemukan hampir 13 juta frasa ini disebut di dunia maya. Sebenarnya Presiden Ronald Reagan, bukan Trump, yang pertama kali menggunakan slogan MAGA dalam kampanye politiknya pada 1980.

Sementara, frasa American First dipopulerkan oleh kelompok Ku Klux Klan, sebuah kelompok ekstrem kanan supremasi kulit putih pada 1920-an. Terlepas dari kontroversi yang menyelimuti frasa MAGA, slogan ini terbukti efektif menyihir pemilih Amerika yang mengantarkan kemenangan Trump pada pemilu presiden 2016.

Dalam Pembuatan Slogan Politik, Presiden Sukarno sampai saat ini tidak ada yang bisa menandinginya. bisa dilihat judul-judul pidato kenegaran yang dia sampaikan setiap tanggal 17 Agustus. Misalnya, “”Tahun Berdikari” (Takari), Tahun Kemenangan” (Takem), “Genta Suara Revolusi Indonesia” (Gesuri), “Tahun Vivere Pericoloso” (Taviv), dan yang paling disering dijadikan kutipan orang adalah “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah” (Jasmerah). Di Surabaya pada pertarungan politik tahun 2015 Risma dan Whisnu menggunakan slogan “IKI SUROBOYO” yang akhirnya mengantarkannya di kursi Surabaya 1 pada waktu itu.

Seperti hal nya Frasa YES yang saat ini berubah menjadi gerakan. Gerakan relawan yang luar biasa untuk mempersiapan dan memenangkan Yuhronur efendi menghadapi pemilihan Kepala Daerah Lamongan 2020.

Slogan YES bukan sekedar deretan kata-kata. Dari sejarah kita belajar, slogan punya daya magis politik yang luar biasa. Bukan hanya menggugah, menarik, tetapi juga menggerakkan. Slogan ini sangat simple sekali tapi berjuta makna. Seperti banyak orang bilang “Simplicity is beauty” sederhana itu cantik. Sebagai orang visual saya melihat bahwa YES adalah slogan yang aura magis politiknya sangat kuat. Disamping itu YES memenuhi kriteria penyusunan slogan yaitu pendek, sederhana dan mudah diingat tetapi punya pesan yang kuat dan dalam.

YES sekarang sudah mewabah di semua kalangan di kabupaten Lamongan, mulai dari tua, muda, anak kecil, semuanya memakai atribut YES. Dan banyak ditemukan di tempat apapun dan dimanapun baik itu di warung kopi, jalanan, warung makan, rumah, fasilitas umum dan lain-lain.

YES sendiri artinya adalah Yuhronur Efendi Satu atau Yuhronur Efendi Sukses, yang diprediksi bakal menjadi salah satu dari sejumlah kandidat bakal calon lamongan 1 yang akan maju dalam pertarungan pilkada Lamongan yang telah mendapat atensi publik yang luar biasa.

Reporter:m.supriyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *