Tadabbur malam ke enam belas Ramadhan Empat masa yang di lewati seorang hamba..

 

Tadabbur malam ke enam belas Ramadhan Empat masa yang di lewati seorang hamba

Lamongan,| jurnalexpress.com
Setiap manusia dalam menjalani kehidupannya tentulah akan mengalami susah senang silih berganti karena memang dunia bukan surga yang adanya hanya kesenangan dan juga bukan neraka yang adanya hanya kesengsaraan. Bagi orang yang berusaha menggapai ridho-Nya akan berusaha menerima setiap keadaan dengan sikap yang terbaik, ketika di uji dengan kesenangan dia bersyukur dan apabila di uji dengan kesusahan dia bersabar.

Lebih detailnya empat masa yang akan selalu di alami seorang hamba adalah masa mendapatkan NIKMAT di mana seseorang di limpahi berbagai kenikmatan dan cara penyikapan terbaik adalah dengan bersyukur. Yang kedua masa mendapatkan MUSIBAH di mana seorang hamba mendapatkan sesuatu hal yang menyusahkan maka pada saat itu seorang hamba harus berusaha sabar dan meyakini bahwa ujian yang di terimanya tidak mungkin melebihi kadar kemampuannya dalam menerima karena Allah berjanji Layukallifullaha nafsan illa wus’aha Tidaklah Allah menguji hamba di luar kemampuannya. Dan dia harus yakin janji-Nya yang lain “Fainnama’al usri yusro inna ma’al usri yusro” bersamaan dengan datangnya kesulitan maka akan datang pula dua kemudahan.

Selanjutnya yang ketiga adalah masa MAKSIAT sebaik apapun seseorang, sealim apapun bahkan seorang Wali sekalipun pasti pernah bermaksiat karena kodrat manusia itu tempatnya salah dan lupa dan ketika di posisi ini maka tentu kita harus mengakui di hadapan-Nya bahwa akan segala kesalahan dan dosa kita dan bertobat memohon ampunan-Nya. Dan yang terakhir adalah masa seseorang melakukan IBADAH seburuk apapun seseorang pasti pernah dalam posisi ibadah, pada posisi ini kita harus merasa bahwa perbuatan ibadah ini adalah bentuk karunia dari-Nya karena kehendak baik saja itu adalah pemberian-Nya apalagi di takdirkan bisa melakukan Ibadah tentu karena takdir-Nya jua.

Wallahu alam bisshowab

Penulis
M supriyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *