Upaya Memutuskan Rantai Penyebaran Covid-19, Komunitas Teras Baca Ile Napo Menanga Solor Timur Bagi Masker Gratis

Upaya Memutuskan Rantai Penyebaran Covid-19, Komunitas Teras Baca Ile Napo Menanga Solor Timur Bagi Masker Gratis

 

FLORES TIMUR,| Jurnalexpress.com,-Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau dikenal virus Corona di Flores Timur mesti dilakukan dengan sinergitas semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.
Meski pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tapi peran kaum muda saat ini juga dibutuhkan oleh Negara.

Kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Peran masyarakat dalam hal ini berbagai komunitas diharapkan punya andil dalam memerangi Covid-19, minimal dengan pembagian masker gratis dan Edukasi Kesehatan mengenai pencegahan penyebaran Virus Corona.

Kali ini pada Jumat, 08 Mei 2020 pagi, Gerakan Masker Anak Solor menggelar aksi pembagian masker secara gratis di Pasar Botang Desa Lohayong -Solor Timur.
Kegiatan ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Panitia kegiatan ini terdiri dari Relawan Muda Teras Baca Ile Napo, Koordinator Satgas Covid- 19 Posko 3 Desa Menanga dan 6 relawan Mahasiswa yang berasal dari Desa Lohayong dan Lamawai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Teras Baca Ile Napo Bapak Yohanes Dionisius Dani serta Pembina Teras Baca Ile Napo Bapak Awaludin Gara dan Ibu Aisyah Awal.

Koordinator kegiatan GEMAS ( Gerakan Masker Anak Solor) Angelina Kleden mengatakan, pembagian masker dan edukasi kesehatan ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya mencegah serta memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Flores Timur. Menurut Angelina Kleden sebelum menggelar aksi pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak yang berwenang yaitu pihak Desa Lohayong sebagai lokasi kegiatan di Pasar Botang dan juga Posko Satgas Covid -19 Desa Lohayong.

Aksi yang dilakukan terdiri dari beberapa elemen masyarakat, bertujuan untuk dapat menggugah komunitas lainnya ikut membantu dalam mencegah penyebaran Covid-19.
Aksi ini juga mendapatkan tanggapan positif dari Kepala Desa Lohayong atas terselenggaranya kegiatan ini dengan memberikan izin dan meminta panitia untuk tetap mengikuti protokol yang berlaku dengan tetap melaporkan info kegiatan di Posko satgas Desa Lohayong.

Koordinator Satgas Covid 19 posko 3 Desa Menanga ( Bakri Mahing) juga memberikan tanggapan positif atas kegiatan ini dan ikut terlibat langsung juga mengusulkan agar kegiatan ini terus berlanjut dengan kegiatan lainnya berkaitan dengan upaya memutuskan mata rantai Covid-19.

Masker yang dibagikan kepada masyarakat ini merupakan sumbangan atau urunan dari para anggota yang ada dan para donator kemanusian dari berbagai daerah. “Ini sebagai wujud kepedulian kami atas kondisi yang terjadi, kegiatan ini merupakan penyaluran donasi masker dan akan dilakukan gelombang berikutnya dengan lokasi yang berbeda, semoga apa yang kami lakukan ini memberikan manfaat bagi masyarakat. ” Ungkap Yohanes Dionisius Dani, disela-sela kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *