Cabup Ngawi H.Jumirin,SE “Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk mendapatkan limpahan rahmat dan keberkahan”

Ngawi-Jurnalexpress.com Bulan suci Ramadhan telah tiba. Selama 30 hari ke depan, umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa ramadhan 1441 H. Mulai dari masuk waktu subuh hingga terbenamnya matahari.

Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk mendapatkan limpahan rahmat dan keberkahan. Serta menjadi waktu yang mustajab untuk memohon pengampunan atas segala dosa-dosa.

Dalam sebuah hadist dikatakan, Allah SWT Berfirman,” Wahai anak Adam, selama kamu memanggil-Ku dan menaruh harapanmu kepada-Ku, Aku telah mengampuni atas apa yang telah kamu lakukan. Jika kamu datang kepada-Ku dengan dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian kamu memohon ampun dengan menyebut nama-Ku, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. At-Tirmidzi).

Betapa banyak dosa-dosa yang telah dilakukan. Namun dalam bulan Ramadhan, Allah menjanjikan pengampunan.

Allah SWT berfirman,” Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa. Sesungguhnya, Dialah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu. Dan berserah dirilah kepada-Nya, sebelum sebelum datang azab kepadamu, kemudia kamu tidak dapat ditolong.” (QS. Az-Zumar: 53-54).

Doa dan Dzikir, Kunci Rahmat Allah SWT

Selama sepuluh hari pertama dalam bulan Ramadhan, cara terbaik untuk mendapatkan rahmat Allah adalah dengan memperbanyak doa dan dzikir.

Allah SWT berfirman, ”Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku. Niscaya Aku ingat (pula) kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152).

Pada sepuluh hari pertama dalam bulan Ramadhan, menjadi waktu terbaik untuk terus memohon ampunan atas segala dosa. Waktu terbaik untuk mendapatkan rahmat dari-Nya.

Bagi mereka yang mampu memanfaatkan sebaik-baiknya waktu selama sepuluh hari diawal Ramadhan ini, betapa banyak rahmat yang akan diberikan kepadanya.

Limpahan Rahmat dan Berkah Luar Biasa

Keindahan dari sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah setiap perbuatan baik yang dilakukan akan diberikan pahala berlipat ganda.

Dan bagi mereka yang meminta ampun dengan tulus atas dosa-dosanya akan diberikan pengampunan oleh Allah SWT.

Umat Islam mendapatkan berkah yang luar biasa selama sepertiga malam bulan Ramadhan. Tidak hanya berlimpah oleh rahmat, namun juga ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Allah SWT berfirman, ”Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzaariyaat: 56).

Keutamaan Berpuasa

Keutamaan berpuasa memang luar biasa. Salah satunya adalah bahwa Allah telah memilih puasa sebagai ibadah khusus antara hamba dan Tuhan.

Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa Allah swt berfirman, ”Setiap perbuatan baik anak Adam adalah untuk dirinya kecuali puasa untuk-Ku.”

Nabi Muhammad SAW Sangat menghargai orang-orang yang berpuasa. “ Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi disisi Allah pada hari kiamat daripada bau kesturi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semua rahmat Allah swt. Ini berlimpah selama bulan Ramadhan. Untuk itu pergunakan sebaik-baik waktu untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Ya Allah Terimakasih atas segala nikmat dan karuniamu, Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Masyarakat Ngawi. Jadikanlah setiap langkah selalu dalam kebaikan dan mudahkanlah urusan, bukakanlah pintu rizki untuk semua masyarakat, jadikan sisa umur penuh keberkahan, lindungilah kami, orang tua kami, saudara kami, anak cucu kami, sahabat kami, dengan kasih sayangmu dan jauhkanlah dari bahaya covid-19. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *