Diskusi Covid19 Warga Tiongkok Bersama Dosen FE Unmer Pasuruan

Pasuruan – Pandemik Covid-19 yang pertama kali menginfeksi di wuhan china menjadi perbincangan dan diskusi yang menarik. Terlebih jika yang menjadi partner diskusi adalah warga negara china.

Seperti diskusi kecil yang dilakukan oleh Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan Waladi Imaduddin bersama Mr. Chen Chengjian warga negara china di kompleks Perumahan Karya Bakti Kota Pasuruan.

Warga tiongkok yang berasal dari Hanan, sebuah kota yang terletak kurang lebih 90 Kilometer dari Kota Wuhan itu menjelaskan tentang bagaimana tiongkok dan rakyat china yang berhasil mengalahkan wabah virus corona.

Dia bercerita keberhasilan di Wuhan karena Rakyat China dan Pemerintahnya bersatu dan disiplin dalam menerapkan protokoler kesehatan.

Lebih lanjut Chen menyampaikan keyakinannya bahwa masyarakat Indonesia akan mampu menghadapi wabah Covid-19.

“Saya yakin Indonesia mampu melewati wabah ini, orang Indonesia itu pemberani, itu yang membuat antibodinya kuat” kelakarnya.

Mr. Chen mengharapkan masyarakat untuk tetap optimis bahwa kondisi Ekonomi Indonesia akan bangkit kembali setelah wabah Covid19. Dia mengharapkan pemerintah untuk membantu ekonomi masyarakat seperti yang saat ini dilakukan pemerintah China.

Sementara itu Waladi Imaduddin menegaskan bahwa kita semua harus belajar dari negara-negara yang sudah terdampak Covid-19 terlebih dulu dan berhasil, khususnya China di Wuhan yang sukses dengan bersama-sama disiplin dan mau disiplin serta mengikuti semua petunjuk sama ahlinya bukan mempercayai berita dan informasi hoax yang berdampak pada ketakutan berlebihan.

Dirinya mengajak bersama-sama semua elemen anak bangsa untuk bergerak bersama memberikan sumbangsih apa yg bisa dan jadi domain masing-masing untuk menatap kedepan Indonesian bisa, Indonesia mampu, Indonesia Berdaya dan tetap Merdeka dalam segala bidang.

Hal ini dikarenakan dampak ekonomi dari wabah global ini sangat dirasakan oleh seluruh sektor ekonomi dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Dampak besar pasca wabah global Covid-19 ini jelas sosial ekonomi, seluruh sendi dan urat nadi ekonomi masyarakat menengah kebawah hancur, disinilah peran pemerintah harus membantu dan membangkitkan rakyat terdampak dengan bantuan secara nyata dan menyehatkan kembali mereka”

Terakhir dosen yang juga aktivis Nahdlatul Ulama itu meminta kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan persatuan dan solidaritas dalam menghadapi ujian ini.

“Karena tidak ada yang lebih hebat dari apapun itu selain dari Kesatuan, dawuh dari KH. Wahab Hasbullah Pahlawan Nasional yang patut kita laksanakan” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *