Desa Wonosari Jalin Sinergitas Gerakan Anti Covid-19

Pasuruan – Gerakan Rabu Bersih dan Pembagian Disinfektan yg digagas oleh PC GP Ansor Bangil dalam rangka memutus atau meminimalisir penyebaran virus corona disambut dengan baik oleh Bapak Daman Huri selaku Kepala Desa Wonosari Kecamatan Gempol.

Dirinya bereaksi cepat dengan mengajak semua perangkat desa dan elemen pemuda seperti Karangtaruna, Ansor dan Banser desa setempat untuk melakukan dan menyukseskan acara itu.

Setelah Disinfektan diterima pada Rabu pagi tanggal 25 Maret 2020, Sekitar jam 13.00 WIB Kepala desa beserta perangkat dan pemuda langsung melakukan penyemprotan di seluruh masjid, majlis ta’lim dan sekolahan yg ada di Desa Wonosari.

Selain disinfektan bantuan dari Ansor, Perangkat desa juga membuat disinfektan sendiri dari bahang yang sudah terkonsep sesuai arahan pemerintah. Itu dilakukan untuk memaksimalkan target yang ingin dicapai pihak desa.

“Masyarakat nampak sangat senang dengan gerakan ini. Mereka sangat berharap penyemprotan bukan hanya di tempat umum saja tapi juga dilakukan di rumah-rumah warga”. Ujar Daman Huri.

Menanggapi animo masyarakat ini, kepala desa hanya bisa menjawab diusahakan. “Insyaalloh besok pak geh, sementara ini di tempat2 umum saja”, jawabnya.

Melihat semangat kepala desa dan antusiasme masyarakat wonosari dalam Gerakan Rabu Bersih ini, tim Banser Tanggap Bencana (BAGANA) PC GP Ansor Bangil merasa ingin ikut andil secara langsung. Tak hanya tim BAGANA, gerakan ini juga diikuti oleh pihak kepolisian. Semua kompak dan saling melengkapi dalam pemberantasan virus yg sedang mewabah ini.

Penyemprotan terlebih dahulu dimulai dari Balai desa. Kemudian bergeser dari masjid satu ke masjid lainnya atau ke sekolahan. Sepanjang perjalanan menuju titik penyemprotan, dengan naik mobil patroli dan memakai megaphone, polisi menghimbau masyarakat untuk tidak panik tapi harus selalu waspada, menjaga kebersihan, sering cuci tangan, tidak melakukan kegiatan berkumpul dan berdoa agar terhindar dari virus corona. Sesekali seruan melalui megaphone itu disampaikan kepala desa langsung. Acara ini benar-benar menyita perhatian warga wonosari.

Sekitar jam 16.30 menit penyemprotan disinfektan berakhir. Bapak Daman Huri menyampaikan terimakasih kepada PC GP Ansor Bangil yang telah membantu proses penyemprotan dan peduli terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat. Semoga bermanfaat, pungkasnya.

Acara ditutup dengan ramah tama di rumah salah satu kepala dusun. Sebagai pelengkap dan pencerah lelah kepala dusun menyajikan jamuan Nasgor buatan warga setempat. (Sulaiman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *