Hj. Anisah Syakur Gelar Pelatihan Tata Kelola Desa

Pasuruan – Tata kelola keuangan desa menjadi satu hal elementer dalam penggunaan dana desa. Setiap tahun Pemerintah pusat menggelontorkan Trilyunan dana desa yang didistribusikan langsung kepada seluruh desa di Indonesia.

Anggota DPR RI Dra. Hj. Anisah Syakur, M. Ag menyadari tentang pentingnya tata kelola keuangan desa yang profesional dalam rangka mewujudkan desa yang mandiri dan berdaya.

Bertempat di Anisah Foundation Bangil (19/03) Anggota DPR dari Fraksi PKB tersebut menyelenggarakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan Desa Tahun 2020. Acara dihadiri oleh Puluhan Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) di Kabupaten Pasuruan.

“Pendamping desa adalah salah satu kekuatan yang bakal sangat membantu desa mempercepat langkah menjadi desa berdaya”. Jelas Politisi yang juga Aktivis Muslimat Bangil.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan kepada peserta pelatihan bahwa kerja pendampingan bukan kerja sembarangan. “Seorang pendamping harus memiliki beberapa kemampuan sekaligus, yakni kemampuan merasuk dalam karakter kehidupan warga dampingan sekaligus melakukan pemberdayaan” imbuhnya.

Politisi Perempuan yang terpilih dari Dapil Pasuruan-Probolinggo juga meminta kepada PD dan PLD untuk meningkatkan sinergitas dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan yang aspiratif dan Inovatif.

“Sinergitas adalah kekuatan, Jadi antara Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa serta Pendamping Desa harus saling sinergi, dan sesuai dengan visi misi membangun dari pinggiran desa” Pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga hadir Koordinator Pendamping Wilayah (KPW) Jawa Timur H. Maulana Sholehudin, SH yang juga didapuk memberikan materi pelatihan.

Dalam materinya Maulana menyampaikan tentang tugas penting pendamping desa dalam mewujudkan desa yang mandiri. “Pendamping desa selain menjadi pendamping juga sebagai Fasilitator dan motivator bagi desa agar bisa menjadi desa mandiri” jelasnya.

Acara pelatihan yang dimulai pukul 09.00 hingga 13.00 itu juga dihadiri oleh Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan H. Saad Muafi, SH. Politisi muda PKB yang juga putra dari Hj. Anisah Syakur nampak hadir untuk membangun sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam hal upaya bersama membangun desa di Pasuruan yang lebih mandiri dan berdaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *