Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Lasara Siwalubanua Bangun Berbagai Infrastruktur Desa

Nias, Senin (13/1/2020) jurnalexpress.com – Manfaatkan Dana Desa dari Program Nawacita Presiden Republik Indonesia Jokowidodo, Pemerintah Desa Lasara Siwalubanua, Kecamatan Ma’u, Kabupaten Nias, Sumatera Utara bangun berbagai infrastruktur desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Lasara Siwalubanua Aliyus Waruwu, Senin (13/1)

“Untuk Tahun Anggaran 2019 Desa Lasara Siwalubanua menerima kucuran dana sekitar 1,5 miliar yang bersumber dari DD, ADD, PHRD, BHRD dan dana afirmasi. Sesuai aturan yang ada, dana tersebut telah kita realisasikan sesuai komponen yang ada” ucap kades.

Atas kesepakatan Pemerintah Desa dan masyarakat melalui BPD makan ada 5 sasaran pembangunan fisik yang telah kita laksanakan yaitu “Pembangunan gedung sanggar/balai desa; Rehabilitas jalan dari dusun II menuju dusun IV; Rehabilitas jalan dari dusun I menuju dusun III; Bangunan TPT di gereja AFY Hili’otalua; dan Bangunan TPT di gereja GPDI Hili’otalua” terang Kades.

Lebih lanjut Aliyus Waruwu menjelaskan jika penyerapan anggaran hampir 100%

Pengukuran

“Penyerapan anggaran hampir 100%, semua pembangunan fisik telah dilaksanakan sesuai capaian progres. Khusus untuk gedung sanggar, kita akan anggarkan kembali pada APBDesa 2020 untuk pengerjaan finishing karena anggaran APBDesa 2019 masih kurang” tuturnya.

Kepala desa paru baya itu juga menjelaskan manfaat gedung balai sanggar seni budaya yang di bangun di desanya itu

“Gedung sanggar seni budaya yang sedang kita bangun ini nantinya mempunyai manfaat yang luar biasa bagi masyarakat desa, diantaranya dapat di jadikan kantor sekretariat Desa, tempat pertemuan, lokasi perayaan hari nasional, tempat kegiatan keagamaan serta dapat dimanfaatkan oleh SKPD lain jika di perlukan” jelasnya.

Selain pembangunan infrastruktur berupa fisik, Pemerintah Desa Lasara Siwalubanua juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang kita lakukan melalui program PKK, Pemuda, posyandu, Kelompok tani, serta kegiatan lainnya” terang Kades

Diakhir penyampaiannya, Kades menyampaikan bahwa bulan ini pihaknya akan melaksanakan Pertanggungjawaban APBDesa 2019.

“Kita merencanakan Pertanggungjawaban APBDesa 2019 direncanan bulan Januari 2020 melalui musyawarah Desa” tutur Kades mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *