PKK Desa Ngrendeng Adakan Lomba membuat jajanan Kuliner dari bahan baku Singkong dan Ketela

Tim Juri saat penilaian hasil olahan ketela di Balai Desa Ngrendeng.

PKK Desa Ngrendeng Adakan Lomba membuat jajanan Kuliner dari bahan baku Singkong dan Ketela

Tulungagung, Jurnalexpress.com.- Satu lagi kreatifitas warga Tulungagung yang patut di apresiasi tepatnya warga Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Pemerintah Desa Ngrendeng dengan menggandeng Sahabat UMKM Tulungagung mengadakan kegiatan Lomba membuat jajanan Kuliner dari bahan baku yang telah ditentukan panitia yaitu Ketela dan Singkong. Kegiatan yang dilaksanakan untuk merayakan hari IBU tersebut mendapat respon yang sangat luar biasa dari warga Ngrendeng. Kepala Desa Ngrendeng NURJIMAN ketika di konfirmasi awak media ini mengatakan kegiatan ini dilaksanakan Untuk mengangkat nilai jajanan tradisional dari bahan ketela Karena kurang disukai oleh anak anak dan masyarakat maka harus dibuat varian yang bisa mempunyai nilai keekonomisan tinggi dan memperkenalkan TAMAN BOGA Wisata Kuliner Desa yang terletak di halaman Balai Desa Ngrendeng
Dengan adanya variasi yang beragam olahan ketela rambat dan singkong, dapat mengatasi kejenuhan konsumsi ketela dan singkong.

Para peserta lomba ketika disidak tim juri

Disamping itu jika acara ini berhasil akan dibuat acara tahunan dan bertekad akan menjadikan desa Ngerendeng sebagai Desa Kuliner di Kabupaten Tulungagung. Nurjiman melanjutkan bahwa iklim di desa Ngrendeng sangat cocok untuk budidaya ketela dan singkong yang nantinya akan dikembangkan sehingga masyarakat mempunyai pilihan mau bercocok tanam apa .


Lomba membuat jajanan ini di ikuti ibu-ibu PKK perwakilan RT Desa Ngrendeng memperebutkan hadiah Uang pembinaan untuk Tiga pemenang harapan. Suasana Lomba semakin semarak tak kala Sahabat UMKM Tulungagung yang di wakili Titalina ikut serta ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Titalina yang merupakan aktivis ormas FKPPI ketika dikonfirmasi awak media ini mengatakan sangat apresiatif kegiatan seperti ini karena bisa menumbuhkembangkan KEARIFAN LOKAL yang hampir musna ditengah gempuran jajanan modern yang belum tentu sehat dikonsumsi.
Tim juri Team Juri dalam lomba kali ini adalah Lies Sugeng Riyadi Ketua TP PKK Kec. Gondang, Titalina dari Sahabat UMKM Tulungagung dan Titis Ekowati Pemilik Wisma Kue Titis Jarakan Gondang Tulungagung. Dalam penilaian Tim Juri mengedapankan aspek kreatifitas dan rasa. Semakin kreatif dan dapat menemukan hal baru membuat jajanan dari bahan baku ketela dan singkong akan mendapat poin tersendiri karena merupakan PENEMUAN dan nantinya akan dibuat pelatihan kepada masyarakat. Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Ngrendeng tersebut telah berhasil menyedot animo warga desa untuk menyaksikan dan mencicipi aneka olahan ketela dan singkong.
Lies Sugeng Riyadi Ketua TP PKK Kec. Gondang, ditemui disela kesibukannya mengatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Desa dan tidak hanya bahan dari singkong dan ketela namun gak menutup kemungkinan akan mencoba membuat kuliner bahan baku selain ketela dan singkong. Disamping untuk memperkenalkan kearifan lokal dan tanaman asli Indonesia juga untuk mempererat silaturahmi antar Ibu PKK seluruh Desa Ngrendeng. Lies Sugeng Riyadi berharap dukungan semua Pihak agar supaya tidak hanya PKK Desa Ngrendeng yang melakukan kegiatan seperti ini namun semua Desa berlomba untuk menjual ide kreatif dibidang olahan kuliner agar Tulungagung bisa dikenal sebagai wisata kuliner disamping wisata pantai dan kabupaten berpenghasil marmer terbaik di Indonesia pungkasnya. (jk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *