Masyarakat Desa Lasara Tanose’o Manfaatkan Dana Desa Bangun Berbagai Infrastruktur

Nias, Jumat (20/12/2019) jurnalexpress.com – Pemerintah Desa bersama Masyarakat Desa Lasara Tanose’o, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias manfaatkan Dana Desa (DD) untuk membangun berbagai infrastruktur di desanya.

Kepada media ini Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Molala Mendrofa menjelaskan beberapa item pembangunan di desanya.

Lokasi pengerjaan satu lagi

“Tahun ini kita membangun tembok penahan dan parit di dusun I menuju Hilidarito sepanjang 194 meter ditambah lagi dengan pengaspalan jalan sepanjang 224 meter dan pengerasan 390 meter,” ucapnya.

Selain itu kita juga membangun jalan setapak dan TPT di lokasi jalan menuju SD Lasara Tanoseo.

“Pada item pembangunan lainnya Pemerintah desa juga membangun jalan setapak sepanjang 78 meter dengan lebar 1,80 meter serta parit 49 meter dan tembok penahan 10 meter. Selain itu kita juga melakukan rehabilitasi pada pembangunan balai serbaguna dan rehabilitasi gedung polides,” terangnya.

Selain pembangunan fisik, kita juga melakukan pembangunan pemberdayaan masyarakat.

“Kita juga mengalokasikan beberapa pembangunan pemberdayaan masyarakat seperti pemberdayaan kelompok tani, kegiatan pemuda, pelatihan Komisi perempuan, pelatihan adat desa serta bantuan stimulan kepada gereja,” ungkap Molala Mendrofa.

Dilokasi pembangunan Kepala Desa Lasara Tanose’o, Berkat Mendrofa menghimbau masyarakat untuk mendukung kegiatan pembangunan desa.

“Kita mengharap agar masyarakat serta BPD mendukung pembangunan desa serta menghargai segala sesuatu bantuan pemerintah melalui pemeliharaan terhadap segala sesuatu infrastruktur yang ada di desa,” ajak kades.

Lebih lanjut Kades juga mengharapkan agar masyarakat taat bayar pajak dan sepemahaman pada setiap proses pembangunan yang ada.

“Saya juga minta kepada masyarakat agar selalu memahami setiap proses pembangunan yang ada agar dapat diselesaikan dengan sepemahaman serta mengajak masyarakat agar taat bayar bajak,” ajaknya.

Selain itu kades juga mengharap pengawasan yang baik dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Nias.

“Ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atas bantuan dana desa yang dapat langsung dinikmati oleh masyarakat. Namun kami juga minta Pemerintah agar memberikan mengawas yang baik agar kami dari penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mengerti aturan sesuai aturan yang ada,” minta kades.

Dari segi keterbukaan, kades menuturkan RAB pembangunan bisa diakses oleh setiap masyarakat desa yang ingin mengetahuinya di kantor desa.

Dilokasi berbeda masyarakat apresiasi kinerja pemerintah desanya.

“Keterbukaan Pemerintah Desa Lasara Tanose’o patut kami apresiasi, selain keterbukaan pihak pemerintah desa, Kepala Desa juga melayani masyarakat dengan baik,” ucap Yasokhi Mendrofa masyarakat Desa Lasara itu. (T2g)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *