DPW MOI Jatim Gelar Konsolidasi Jelang Rakernas

Sidoarjo – Rapat Kerja Nasional Media Online Indonesia (MOI) yang akan digelar pada tanggal 21 November 2019 di Jakarta menjadi fokus perhatian bagi banyak insan media online di tanah air. Organisasi yang menaungi lembaga media online di Indonesia tersebut akan merumuskan beberapa agenda dan isu strategis dalam rapat kerja yang akan dihadiri oleh ratusan perwakilan pengurus Media Online Indonesia setanah air.

Dalam menyambut agenda besar tersebut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) MOI Jawa Timur melakukan rapat konsolidasi organisasi yang dihadiri oleh pengurus DPW dan perwakilan dari Pengurus Zona Dewan Pimpinan Cabang Media Online Indonesia diantaranya dari Zona Tapal Kuda, Pantura, Metropolis dan Mataraman.

Rapat Konsolidasi yang berlangsung pada Sabtu (16/11/2019) bertempat di Kediaman Dewan Penasehat DPW MOI Jawa Timur Prof. Dr. Gempur Santoso dipimpin langsung oleh Ketua dan Sekretaris DPW MOI Jatim.

Agung Santoso selaku Ketua DPW MOI Jawa Timur menyampaikan bahwa secara institusi DPW meminta untuk seluruh pengurus DPC MOI Jawa Timur yang mempunyai SK untuk mengirimkan delegasi Peserta dalam Rakernas. Dalam rapat tersebut Agung juga menegaskan bahwa Sikap MOI Jawa Timur tetap berpegang teguh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi, dimana konstitusi dasar tersebut harus ditegakkan dalam forum Rakernas mengingat beberapa catatan kritis atas berbagai kebijakan organisasi DPP termasuk penyelenggaraan Rakernas yang terkesan tidak serius. “Fokus agenda kami delegasi MOI Jatim adalah mengikuti Rakernas, adapun yang lain semacam seminar bukanlah fokus kedatangan kami ke Jakarta. Kami juga meminta agar MOI menjaga marwah organisasi dengan tidak terkooptasi oleh ormas atau LSM lain” tegas Agung.

Sementara itu Sekretaris DPW MOI Jatim Alfan Arif menyampaikan bahwa agenda Rakernas kali ini kita pergunakan untuk melakukan perbaikan administrasi organisasi. MOI Jatim juga akan mengawal agar kebijakan Administrasi Organisasi DPP MOI bisa kembali berjalan dengan baik dan profesional. “Antusiasme teman-teman media Online di daerah untuk bergabung menjadi pengurus MOI harus mendapatkan feedback positif dari DPP dengan penataan administrasi organisasi dan pemberdayaan pengurus di daerah dengan sharing program dan pelatihan” ucap Alfan yang akrab dipanggil Jack kepada JurnalExpress.Com

Dalam pandangan umumnya beberapa perwalikan pengurus DPC MOI juga menyoroti terkait dengan Rakernas, diantaranya adalah Suharto selaku ketua DPC MOI Pasuruan. Suharto yang menegaskan akan hadir pada Rakernas mengatakan bahwa Perlu disampaikan sebagai pandangan umum di Rakernas untuk meminta DPP MOI memfasilitasi Uji Kompetensi Wartawan demi terwujudnya Insan Pers Online yang profesional dan mengerti akan kode etik jurnalistik dengan benar. “UKW penting sebagai salah satu produk rakernas agar kedepan MOI diisi oleh insan pers yang bermutu” tegasnya.

Dalam rapat tersebut juga ditutup oleh wejangan dari Dewan Penasehat MOI Jatim Prof. Dr. Gempur Santoso. Dalam arahannya Prof Gempur menyampaikan agar pengurus menjaga komunikasi yang baik dan tetap rukun. Hal ini menjadi prasyarat utama sebelum melakukan program dan agenda kerja organisasi. “Guyup rukun dan bekerja dengan tulus karena itu bekal agar organisasi bisa berjalan dengan baik, Penataan komunikasi dan jaringan kerja antara DPW dengan DPC juga harus dirumuskan dengan profesional walaupun misi utama insan pers bukanlah provit oriented tapi menjadi pelayan informasi masyarakat” Tegas Profesor.

Rapat yang digelar di daerah Taman Sidoarjo tersebut juga menghasilkan keputusan tentang delegasi resmi DPW dan DPC MOI Jawa Timur yang akan menjadi peserta Rakernas di jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *