HARI SANTRI 2019 KADISBUDPAR JATIM JADI DALANG

Pagelaran wayang kulit memperingati hari santri

HARI SANTRI 2019 KADISBUDPAR JATIM JADI DALANG

Surabaya, Kemampuan skill selain menjadi pejabat eselon dua di jajaran pemprov Jatim ternyata di lirik oleh organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU.

Buktinya , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa.Timur , Sinarto di daulat PW NU Jatim untuk menjadi dalang dalam rangkaian memeriahkan Hari Santri 2019.

KADISPUBPAR menjadi dalang peringatan hari santri

Sementara itu. Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengatakan, Wayang Kulit merupakan pertunjukan kesenian yang menjadi bagian dari perkembangan Islam di Indonesia.

Menurut Kiai Marzuki, dakwah Islam di Indonesia hingga berkembang pesat seperti sekarang tidak lepas dari perjuangan Walisongo. Dalam perjuangan Para Waliyullah itu tidak mengabaikan adanya kultur atau budaya yang berkembangan di tengah-tengah masyarakat.

“Wayang Kulit sejak zaman Walisongo telah dikenal sebagai seni yang digemari masyarakat. Karena di situlah, nilai-nilai ajaran Islam itu ditanamkan. Sekaligus, dalam pertunjukkan Wayang Kulit yang dipelopori Sunan Kalijaga, menjadikan dakwah Islam bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat,” tutur Kiai Marzuki Mustamar.

Acara ini diselenggarakan Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Jawa Timur kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Pemprov Jatim. Pergelaran di lapangan parkir timur gedung PWNU Jawa Timur, Jl Masjid Al-Akbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *