Peringati Sumpah Pemuda, KNPI Tutur Gelar Pementasan Sendra Tari Kebo Iwa

Pementasan sendra tari kebo iwa oleh sanggar seni sekar arum widya karana pada momentum peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 mampu memukau para tamu undangan dan 200 peserta pada acara peringatan Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh DPK KNPI Kecamatan Tutur pada Senin (28/10/2019)

Bertempat di Aula KPSP Setia kawan Nongkojajar sendra tari khas Tutur ini sangat atraktif, dan benar benar menghibur, karena seni drama dan tari di tata padu secara epik sehingga alur cerita yang diangkat betul betul sampai pada penonton.

“Ada sekitar 35 penari yang mendukung garapan berdurasi 30 menit ini, kami ingin menyajikan garapan seni terbaik untuk momentum ini, sebagai daya tarik bagi kaum muda Tutur untuk mencintai seni” Sambung chica salah satu pelatih sanggar yang berada di dusun ledok desa kayukebek ini.Pertunjukan Drama Tari Kebo Iwa, Sendra Tari Khas Warga Tutur Pasuruan

Sendratari ini mengisahkan perjalanan kebo iwa sebagai seorang patih yang sakti mandra guna, Ia dijanjikan gadis cantik bernama putri lemah tulis oleh maha patih gajah mada demi mempersatukan nusantara. Mengisahkan secara detail suasana perjalanan kebo iwa ke pulau jawa melalui koreo tari atraktif.

Diakhir drama, kebo iwa terbunuh oleh patih gajah mada yang tujuannya untuk menyatukan Nusantara karena ada sumpah palapa yang harus dijalankan yang menjadi cikal bakal semangat lahirnya Sumpah Pemuda.

Choirul Anam Sekretaris DPK KNPI Tutur menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah wujud Makna “empowering”  menguatkan kembali peran pemuda dalam berkarya memberikan sumbangsih kreatif, positif, optimis untuk bangsa dan negara. Tegas Aktivis Asli Tutur tersebut kepada JurnalExpress.Com

Acara juga dihadiri oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Pasuruan. Dalam sambutanya Abdul Karim, M.Si selaku ketua KNPI Kab.Pasuruan mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas tampilan budaya yang di motori oleh Pemuda Hindu melalui Wadah KNPI,
sebagai kearifan lokal (lokal wisdom) dan aset KNPI untuk menjadikan brandmark potensi budaya dan wisata di Kecamatan Tutur, Walhasil DPK KNPI juga menjadi forum pemersatu Kerukunan beragama sebagai modal Persatuan & Kesatuan Negara NKRI yang menjunjung tinggi satu tanah Air, Satu Bangsa Indonesia dan satu bahasa persatuan, bahasa Indonesia. KNPI Tutur hadir merangkul semua golongan tanpa memandang status sosial, perbedaan suku, ras dan perbedaan keanekaragaman budaya yg dimiliki oleh Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi, tanah Indonesia Bumi Pertiwi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *