Meriahkan Hari Santri Nasional, PCNU Kota Pasuruan Siap Gelar Turnamen Futsal Sarungan

Kota Pasuruan – Pelaksanaan kegiatan Futsal Sarungan Kerjasama antara Pemerintah kota pasuruan dengan PCNU kota Pasuruan tiap tahun rutin digelar dan terus dimatangkan, Kemarin (11/10) Tecknikal Meeting Futsal sarungan tuntas di selenggarakan, seluruh perwakilan (offisial dan pelatih) Tim peserta turut hadir mengikuti kegiatan tersebut, di Aula Meeting Room Kantor PCNU Kota Pasaruan.

Dalam TM para peserta dibekali dengan aturan Tata tertib pertandingan yang disepakati secara bersama dan di taati selama pertandingan turnamen berlangsung senin-kamis (14-17 Oktober 2019). Selain itu, juga dilakukan penentuan drawing yang dilakukan dengan undian nomer untuk menentukan bagan pertandingan sehingga ketemu lawan pertandingan dari masing-masing tim peserta.

Koordinator Administrasi, Khoiril Anam menjelaskan, pihaknya akan meminta kelengkapan administrasi setiap tim yang sudah dipastikan ikut turnamen dan melakukan verifikasi usia peserta agar terhindar dari kecurangan. “Sebelumnya sudah dijelaskan di undangan mengenai persyaratan administrasi, jadi sebelum pelaksanaan Futsal sarungan berlangsung, tiap tim wajib melengkapi administrasi yang ditentukan” ujarnya.

Waladi Imaduddin selaku Perwakilan PCNU kota Pasuruan dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan futsal sudah menjadi agenda rutin yang tiap tahun digelar untuk memperingati hari santri nasional yang sudah ditentukan sebagai hari nasional 22 oktober oleh pemerintah pusat.

Kegiatan futsal yang ada dipasuruan ini sudah menjadi identitas kultur kota pasruruan yakni santri, oleh karena itu selain menjadi ajang hiburan juga menjadi wadah dalam mencetak prestasi dan menemukan bibit bitit unggul yang bisa ditorehkan santri. Seluruh aturan permainan dalam pertandingan ini hampir sama dengan futsal pada umumnya, yang membedakan adalah ditambah acecoris seragam pemain yakni memakai sarung dan peci (kopyah), sesuai kultur pasuruan sebagai kota santri, jelas sahabat waladi panggilan akrabnya.

Sudah banyak santri yang menjadi atlet pemain sepak bola nasional yang sudah mengharumkan nama baik indonesia di laga internasional, oleh karena itu ia berharap para santri bisa mengeksplor skill saat bertanding di laga ini, semoga nantinya bisa mencetak atlet hebat yang berasal dari santri asli pasuruan, harap waladi yang juga ketua Lakpesdam Kota Pasuruan.

Senada, yohanes kabid pemuda dan olahraga Disparpora juga mengatakan bahwa kerja sama ini harus ditingkatkan lebih baik lagi, Ia juga berharap bahwa Futasal sarungan yang sudah digelar rutin tiap tahun ini menjadi cabor yang masuk dalam forum olahraga masyarakat indonesia (Formi) untuk itu, kegiatan ini sudah menjadi icon masyarakat pasuruan khususnya santri sehingga pihaknya bakal terus meningkatkan dan mematangkan format kegiatan ini.
Kedepan akan terus kita suport dan kawal lebih baik lagi semoga berjalan sukses dan lancar. Kegiatan positif sepeerti ini harus didukung, harus menjujung tinggi sportifitas dan fair play, jelasnya saat memberi sambutan TM.

Achmad Ali Rido Selaku Ketua Pelaksna Futsal Sarungan 2019 mengatakan bahwa kegiatan futsal ini sudah menjadi icon kota pasuruan, sehingga tiap tahun akan di matangkan konsepnya. Diharapkan hasil pertandingan ini bisa menumbuhkan bibit bibit baru atlet sepak bola yang prestaasi, meskipun laga hiburan latihan intens dan kegigihan serta kekompakan harus diutamakan. Perlu diketahui bahwa kegiatan ini agak berbeda ditahun sebelumnya, menariknya bahwa tahun ini laga turnament ini akan digelar penuh di adutoriun dalam lapangan GOR Untung suropati dengan kapasitas jumlah penonton tribun sebanyak 3000 orang.

Peserta tim diperbolehkan membawa suporter untuk mendukung dan memberi semangat saat pertandingan, tentunya harus tetap mengedepankan kesantunan dan kedamaian sesuai aturan yang ada, tutur Mad Ali panggilan kentalnya.

Tepat hari senin depan sekitar pukul 13.00 WIB akan dilangsungkan acara opening seremonial pembukaan yang rencananya akan dihadiri dan dibuka langsung oleh wakil walikota (PLT Walikota) Raharto Teno Prasetyo dan turut didampingi sejumlah pejabat lainya. Selin itu juga akan hadir ketua PCNU dan seluruh pengurus NU kota pasuruan. Menariknya Lagi Bahwa sebelum pertandingan kick off dimulai, akan ada laga pertandingan eksebisi antara tim futsal berasal dari PCNU melawan Pemerintah Kota Pasuruan.

Seluruh peserta dipastikan wajib hadir untuk mengikuti rangkaian acara sesremonial pembukaan laga futsal sarungan tahun 2019, selain itu warga nadhliyin dan masyarakat umum juga pasti meramaikan ajang ini, karena sudah banyak warga yang menanti ajang turnamen ini, jelas Ali saat di temui tim media center. (Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *