SAH !!! WAKIL BUPATI JOMBANG MERESMIKAN KAMPUNG CAK NUN MENTORO MENJADI KAMPUNG MARTABAK

 

JOMBANG, Jurnal express.com.  Desa mentoro yang merupakan desa tempat lahirnya budayawan Emha Ainun Nadjib atau biasa dikenal dengan cak nun merupakan Desa yang berda di kecamatan Sumobito kabupaten Jombang. Desa yang unik karena tipikal masyarakatnya yang tidak gampang galau tidak mudah termakan isu hoax dan tidak Nggumunan. Diantara semua desa yang ada di kabupaten  Jombang mungkin hanya Desa Mentoro lah yang di tengah tengah sawah jauh dari kata ramai. Namun sejak tahun 1996 an Mentoro mulai go nasional bahkan internasional dengan diadakannya pengajian rutin PADANG MBULAN tiap tanggal 14 bulan jawa oleh Cak Nun dan berlangsung sampai sekarang.  Kembali kepada kampung martabak yang barusan di sematkan tanggal 29 Agustus 2019 kemarin bahwa mentoro merupakan penyumbang master of martabak di jawa timur karena hampir semua warganya bisa Mbanting martabak dan Ngudek Terangbulan. Menurut legenda martabak mentoro atau bisa dikatakan pawangnya martabak pak Solikin bercerita bahwa martabak yang ada di desa mentoro ini sudah generasi ke 5 untuk itu harus dilestarikan karena disamping bisa mengangkat perekonomian warga pembuat martabak dari desa ini telah meluluskan pengrajin martabak yang baru sehingga sudah seperti mata pencaharian wajib di mentoro.

Cak Rukan Ronopati ketika melakukan persipan festival martabak

Lain halnya dengan Cak Rukan pemuda asli mentoro menambahkan sejak lulus SMA Cak Rukan Ronopati telah melakukan napak tilas jual martabak dari samarinda, Balikpapan dan kemudian karena panggilan jiwa korsa Cak Rukan kembali ke kampung halaman demi untuk membentuk Kampung martabak di jombang .

Wakil Bupati Jombang ketika meresmikan kampung martabak Mentoro

Kepala desa Mentoro H.Efendi atau yang biasa di panggil Cak Ben Ronapati  dalam sambutannya menyampaikan bahwa festival martabak tahun ke dua ini akan dijadikan sebagai momentum awal untuk menjadikan desa mentoro sebagai desa wisata baru karena selain tiap bulan ada agenda rutin padang mbulan di sini juga ada festival tahunan yang tidak kalah meriah.  Cak ben Ronopati juga berseloroh dihadapan WAKIL BUPATI Jombang bahwa hasil produksi terangbulan karya wong mentoro bisa diadu dengan  terang bulan miliknya anak presiden Jokowi dan dijawab dengan gaya khasnya…..Lebih enak terang bulan e wong mentoro dan disambut tepuk tangan meriah dari warganya. Wakil Bupati jombang Sumrambah dalam sambutannya mengatakan bangga dengan kreatifitas warga mentoro yang bisa menciptakan ide kreatif  sampai perusahaan besar ikut berkontribusi dalam acara festifal martabak ini dan itu merupakan modal besar desa mentoro utuk terus mengembangkan festifal ini menjadi agenda rutin tiap tahun dan akan di suport oleh pemerintah kabupaten Jombang. Sumrambah mengatakan akan menjadikan festifal martabak ini sebagai agenda tahunan dan memerintahkan dinas infokom untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *