SEKAPUR SIRIH

Rektor ITN Malang, DR.Ir. Kustamar, MT

Karunia sumberdaya alam di wilayah nusantara hingga kini belum sepenuhnya dikelola dengan bijak, sehingga sering menjadi beban dari pada menjadi sebuah potensi. Pemahaman bahwa wilayah nusantara merupakan ribuan pulau yang dipisahkan (bukan dihubungan) oleh lautan, menjadi salah satu buktinya.

Bumi nusantara terkenal subur, tongkat kayu (batang ubi kayu) dan Batu (ubi jalar) menjadi tanaman merupakan bagian dari lirik sebuah lagu yang sangat popular. Namun dalam kenyataannya sampai saat ini Indonesia masih sulit mencukupi kebutuhan pangan penduduknya. Bahkan mengelolaan lahan masih sering manjadi pemicu bencana banjir pada suatu kawasa.

Untuk mengubah sudut pandang tersebut tentu perlu upaya  keras, dan cerdas, serta bersifat kolektif-kolaboratif sehingga budaya gotong Royong menjadi jawaban yang tepat.  Upaya membangun kecerdasan kolektif telah dilakukan oleh berbagai kalangan.  Dalam lagu-lagu jawa dijumpai lagu yang sangat bersemangat membangun kecerdesan kolektif yaitu: Gugur gunung dengan syair: maju papat-papat, diulang-ulungake mesti enggal rampunge (maju empat-empat, diangkut secara estavet, pasti cepet selesai).

Informasi tentang potensi alam, teknologi yang digunakan, manajerial yang diterapkan merupakan hal yang sangat penting untuk mengolah sumber daya alam menjadi kekuatan bangsa Indosenesia. Hal ini terkait dengan varian sebaran kawasan. Namun dalam perkembangannya, dengan kehadiran internet penyebaran informasi menjadi sangat terbantu.  Rangkaian informasi yang dikemas dalam bentuk buku (majalah) atau jurnal , baik yang dicetak maupun digital.

Informasi yang dilengkapi dengan panduan pelaksanaan  sebuah kegiatan yang telah berhasil di suatu tempat,   sangat bermanfaat bagi pengelola kawasan lainnya yang berkarakter sama.  Menggunakan pengalaman orang lain sebagai refensi  ahdala sangat tepat, tentu tetap dperlukan adanya penyesuaian.

Dengan demikian, kehadiran JURNAL EXPRESS tentu sangat ditunggu kehadirannya. Hal ini tentu dengan beberapa syarat, yaitu: ditulis dalam bahasa yang santun,  berisi berita dan solusi yang akurat .

Semoga bermanfaat.

 

DR.Ir. Kustamar, MT

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *